Kamis, 03 September 2009

Tong Sampah!


Banyak orang merasa jijik dengan keberadaan Tong Sampah karena berbagai alasan, diantaranya adalah kotor dan bau. Tapi pernah gak kita terpikir betapa besar jasanya Tong Sampah? Bayangin aja kalau misalnya tidak ada tempat pembuangan sampah kayak Bantar Gebang, atau di lingkungan kecil aja seperti rumah atau kamar, pastinya kita akan pusing tuh dengan berbagai macam sampah yang kita produksi, dan kalau tidak dibuang dengan baik akan menjadi sumber penyakit! Sedikit sekali dari kita menghargai (dalam arti merawat) arti kehadiran sebuah Tong Sampah, bahkan kalau bisa saya bilang kita hanya menggunakan, tapi mengabaikan Tong Sampah!

Menghargai sesuatu terkadang tidak hanya dilihat dari segi fisiknya saja, tapi kita juga harus menghargai sesuatu karena fungsinya, tapi entah kenapa terkadang manusia hanya menghargai sesuatu dari segi fisik, atau memang mungkin jaman individualisme sudah sedemikian mengakarnya dalam kehidupan keseharian kita, sehingga terkadang kita lupa bahwa kita harusnya saling menghargai antar sesama, bukan hanya berdasarkan fisik semata. Coba renungkan kembali, berapa kali kita mengangguk hormat dengan seseorang hanya karena dia terlihat berpenampilan keren, ber-jas rapih, turun dari mobil yang bahkan mungkin kita tidak tahu seandainya mobil itu dijual, entah berapa mulut anak yatim bisa ter-isi perutnya. Bandingkan dengan sikap kita jika berhadapan dengan seorang Ibu tua yang berjualan di depan rumah atau kantor kita, pelayan tempat kita makan (kecuali pelayan yang belagu dan ngeselin! hehe), atau bahkan seorang Bapak pengangkut gerobak sampah yang biasa keliling di komplek. Pernahkah kita tahu namanya siapa? Mengucapkan terimakasih, atau bahkan sekedar menyapa "Selamat Pagi". Silakan jawab sendiri setiap renungan yang telah kita lakukan.

*Mempunyai niat baik/Melakukan hal baik kepada orang lain akan menjadi buah yang baik dikemudian hari! **dan sebaliknya!

Beberapa istilah Tong Sampah dalam keseharian kita:
Tempat Buang Sampah = Tong Sampah
Tempat Buang Sampah Perut = Spiteng
Tempat Buang Sampah Komputer = Recyle Bin
Tempat Buang Sampah Masyarakat = Penjara
Tempat Buang Sampah Hati (CurHat) = Sahabat/Pacar/Keluarga
Tempat Buang Sampah Atasan = Bawahan

2 komentar:

nich mengatakan...

wekekekek.. kasihan yah bawahan

emang semua juga punya jatah kerja masing-masing, kalau semua mau jadi direktur, siapa yang ngumpulin sampah yak?

inaz mengatakan...

yang tukang sampah :D